Teknik Mengetik 10 Jari
Seringkali
kemampuan mengetik 10 jari menjadi syarat utama dalam sebuah iklan lowongan
pekerjaan. Tentu saja perusahaan ingin merekrut karyawan yang lancar mengetik
10 jari, terutama yang akan ditempatkan di bagian administrasi serta posisi -
posisi lain yang akan banyak berhubungan dengan komputer. Karena akan banyak
waktu yang terbuang bila karyawan tidak menguasai ketrampilan mengetik 10
jari.
Bila
kita sekolah / kuliah di jurusan sekretaris, ketrampilan mengetik 10 jari ini
akan masuk ke dalam salah satu mata pelajaran / mata kuliah. Karena memang
sekretaris diwajibkan memiliki ketrampilan mengetik 10 cari. Namun bagi kita
yang belum pernah mendapatkan pelajaran tentang cara mengetik 10 jari, tentu
kita akan sedikit kerepotan untuk mempelajarinya sendiri. Tapi jangan khawatir,
karena dalam artikel ini akan diajarkan tentang tips dan cara mengetik 10 jari
sehingga kita bisa mempelajarinya sendiri di rumah.
Berikut
ini adalah tips dan cara mengetik 10 jari yang diambil dari web Keuskupan
Bogor:
1.
Perhatikan gambar dibawah ini. Ini merupakan ilustrasi sebuah keyboard.
kemudian perhatikan warna kotak pada setiap angka/huruf/simbol dengan jenis
jari yang digunakan untuk menekan tombol - tombol tersebut.
2.
Untuk melatih jari - jari kita, letakkan jari - jari kita sesuai dengan warna
tombol dan jenis jari pada gambar diatas. Letakkan pada: A S D F untuk tangan
kiri dan J K L ; pada tangan kanan. Ulangi terus sampai jari - jari kita luwes.
Adapun
tips supaya lancara dalam mengetik 10 jari adalah sebagai berikut:
- Hindari meletakkan pergelangan tangan kita pada keyboard walaupun posisi terbaik bagi pergelangan kita adalah harus dalam posisi rendah
- Letakkan jari - jari kita pada tombol utama (no. 2 diatas) dalam posisi sedikit diteku
- Posisi lengan harus sejajar dan bertumpu di depan keyboard
- Posisi badan tegak, tidak membungkuk ke depan ataupun terlalu menyandar ke belakang
- Posisi kaki sebaiknya menapak di lantai atau pilih posisi lain yang bisa membuat kita nyaman dan tidak gampang capek
BELAJAR TENTANG MICROSOFT WORD 2007
Microsoft
Office Word 2007 (untuk selanjutnya disebut MS. Word saja) merupakan sebuah
program aplikasi pengolah kata (Word Processor) buatan Microsoft
Corporation. MS. Word 2007 merupakan hasil pengembangan dari beberapa
versi sebelumnya. MS. Word tampil lebih user friendly dan sudah
menggunakan ribbon sebagai standar baru dalam menampilkan menu-menu
tool. Berdasarkan klaim mereka, ribbon adalah sebuah inovasi yang kelak di masa
mendatang menjadi sebuah standar bagi tampilan menu.
Bagi
yang baru bermigrasi dari Word 2003 ke MS. Word 2007 tidak perlu panik dengan
pemandangan yang begitu asing tersebut. Anda hanya perlu sedikit adaptasi dan
setelah itu, Anda akan merasakan efisiensi dan kemudahan dalam bekerja. Bila
Anda kurang percaya, silahkan buka MS. Word 2007, letakkan pointer mouse ke
area area menu, kemudian putar tombol gulir. Apa yang terjadi? Anda benar! Anda
dapat membuka pintu akes ke setiap ribbon hanya dengan putaran tombol gulir
saja.
Kembali
ke masalah menu icon, MS. Word 2007 mengenal istilah tab, ribbon, dan group
dalam menyajikan menu tool. Berbeda dengan Word 2003 dan sebelumnya yang hampir
100% dikuasai Kaum Bar-Bar (Titlebar, Menu Bar dan Toolbar).
Perbedaan antara Tab, Ribbon dan Group
Tab
adalah sederetan menu yang ditandai dengan teks. terdiri dari tab File,
Insert, Page Layout, dll. Ribbon adalah area yang
digunakan untuk menampilkan tab dan menu dari tab yang aktif. Sedangkan Group
adalah kelompok menu dalam tiap Ribbon yang memiliki kesamaan fungsi.
Jadi, Ribbon menyediakan tab yang terdiri dari menu, dan menu sendiri terdiri
dari beberapa Group, dan Group terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki
kesamaan fungsi.
Tampilan Jendela MS Word 2007
|
Office Button
Secara umum, Office Button terdiri dari dua area, yaitu
area kiri dan area kanan. Area kiri berisi perintah seperti New, Open, Save,
Save As, Print, Prepare, Send, Publish, dan Close. Sedangkan di area kanan
berisi pintasan file dokumen yang baru-baru ini dibuka.
Pada bagian bawah flyout ini terdapat dua tombol perintah,
yaitu Word Option (digunakan untuk melakukan properti terhadap MS Word 2007)
dan Exit Word (digunakan untuk menutup jendela MS Word). Berikut ini adalah
contohnya.
Keterangan:
Nama Icon
|
Keterangan
|
New
|
digunakan untuk membuat file dokumen
kosong baru
|
Open
|
digunakan untuk membuka file dokumen
yang tersimpan
|
Save
|
perintah untuk menyimpan file dokumen
aktif
|
Save As
|
digunakan untuk menyimpan file dokumen
ke dalam format tertentu
|
Print
|
digunakan untuk mencetak file dokumen
yang sedang aktif
|
Prepare
|
digunakan untuk melakukan properti
khusus terhadap file dokumen aktif
|
Send
|
digunakan untuk mengirimkan file
dokumen aktif sebagai email / faksimile
|
Publish
|
perintah untuk menerbitkan dokumen
aktif ke website / blog / dll
|
Close
|
digunakan untuk menutup file dokumen
aktif
|
Mengenal Fungsi Icon pada Tab Home
Tab
Home terdiri dari lima Group yaitu, Clipboard, Font, Paragraph, Styles
dan editing.
Group Clipboard
Group
Clipboard terdiri dari sekumpulan menu yaitu:
Paste
: untuk menempelkan hasil copy atau cut.
Cut
: untuk memotong teks/objek terpilih.
Copy
: untuk menggandakan teks/objek terpilih.
Format
Painter : digunakan untuk meniru format halaman dokumen ke dalam dokumen
lainnya.
*
Tombol panah kecil di sudut kanan-bawah setiap Group digunakan untuk mengakses
pengaturan lanjutan mengenai fungsi suatu Group.
Group
Font
Menu-menu
di Group Font secara khusus berfungsi untuk pemformatan seputar huruf. Terdiri
dari :
Font
: untuk memilih jenis huruf
Font
Size : untuk mengatur ukuran huruf
Grow
Font : untuk memperbesar ukuran huruf secara instan
Shrink
Font : untuk memperkecil ukuran huruf secara instan
Change
Case : untuk mengubah status huruf kapital/huruf kecil
Clear
Formatting : untuk menghapus pemformatan teks terpilih
Bold
: untuk menebalkan teks terpilih
Italic
: untuk memiringkan Teks terpilih
Underline
: untuk memberikan garis bawah pada teks terpilih
Strikethrough
: memberikan tanda coret padateks terpilih
Subscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
Superscript
: untuk mengetik karakter pemangkatan
Text
Effect : untuk memberikan efek artistik pada teks terpilih
Text
Highlight Color : untuk memberikan warna stabilo di belakang teks terpilih
Font
Color : untuk mengatur warna teks terpilih.
Group Paragraph
Group
Paragraph terdiri dari sekumpulan menu yang memiliki kesamaan fungsi untuk
mengatur paragraf teks. perintah-perintah di Group Paragraph yaitu:
Bullets
: untuk memberikan tanda bullet di tiap paragraf terpilih
Numbering
: untuk memberikan format penomoran di tiap paragraf terpilih
Decrease
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kiri
Increase
Indent : untuk menggeser baris kedua paragraf ke kanan
Left-to-Right
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kiri ke kanan (format Latin)
Right-to-Left
: untuk menjadikan arah teks berjalan dari kanan ke kiri (format Arab)
Sort
: untuk menyortir data
Show
Paragraph Marks : untuk menampilkan / menyembunyikan tanda koreksi paragraf
Align
Text Left : untuk mengatur teks rata kiri
Center
: untuk mengatur teks rata tengah
Align
Text Right : untuk mengatur teks rata kanan
Justify
: untuk mengatur teks rata kanan-kiri
Line
Spacing : untuk mengatur jarak antar baris teks
Shading
: untuk mengatur warna latar teks terpilih
Border
: untuk memberikan garis tepi pada teks terpilih.
Group Styles
Group
Styles terdiri dari dua menu. Yaitu:
Heading
Styles : berisi pilihan format judul/subjudul dari paragraf terpilih
Change
Styles : berisi pilihan pengaturan tema paragraf
Group
Editing
Secara
umum group Editing terdiri dari Find, Replace, dan Select. fungsinya adalah:
Find
: untuk mencari kata tertentu berdasarkan keyword tertentu dalam suatu
file
Replace
: untuk mencari dan mengganti kata yang ditemukan untuk diganti dengan kata
tertentu dalam suatu file
Select
: digunakan untuk memilih objek atau teks tertentu di dalam suatu file
Tidak ada komentar:
Posting Komentar