Laman

Minggu, 27 Oktober 2013

Sejarah Gintung Tengah (Versi Jawa)


Tembe sakageman agung daerah Cirebon taksih tertutup wana belantara, ugi wucalan Hindu taksih dipundherek dening sakageman para wargi Cirebon. Mila wonten kala punika ugia Mbah Kuwu Cirebon kaliyan dibantu rencang ugi kerabatnya sumagah ndhawahaken wucalan Islam. Kaliyan ndhawahaken agami mboten kalimengan ugi membabat wana ugi mbikak pedukuhan-pedukuhan enggal.
Kesebata asma Kyai Ageng Buyut Membah, seseorang saking Negeri Iraq, ingkang rawuh datheng Indonesia amargi dipunutus dening ayahandanya kagem ndhawahaken agami Islam ugi dandosi akhlaq mawi aqidah Bangsa Indonesia khususnya didaerah Cirebon.
Kyai Ageng Buyut Membah, dipunutus dening ayahandanya mboten lajeng rawuh datheng Tataran Cirebon, mbentenaken datheng Pesantren Sunan Muria, ugi panjenenganipun ngguru dipunngrika. Dipesantren punika Kyai Ageng Buyut Membah nepangi ugi bersahabat kaliyan tedhak Sunan Muria ingkang nduwe asma Raden Jaka Pendil. Dipesantren punika Kyai Ageng Buyut Membah nyaged asma enggal yaiku Raden Suminta.
Enget badhe pesan ayahandanya yaiku kagem ndhawahaken agami Islam ugi kagem dandosi akhlaq mawi moral para wargi didaerah Cirebon ingkang porak poranda amargi pertentangan agami Hindu Budha kaliyan agami Islam ingkang dipunwucalaken dening Mbah Kuwu Cirebon ugi kawan-kawan. Kyai Ageng Buyut Membah suwun izin dhateng gurunipun kagem tindak kedaerah Cirebon.
Sareng Raden Jaka Pendil, Kyai Ageng Buyut Membah jengkar kedaerah Cirebon. Sadereng piyambakipun sedaya ngalih jengkar, Sunan Muria maringi pesan kersanipun kekalihipun lebet margi, kresaa sangantosipun ditujuan kersanipun tetap ngaji Sufi (pamalen) ingkang wonten enem macam yaiku dados punika : mendel, ampun sombong, ampun ugal-ugalan, Melindungi priyantun ingkang lemah, ngathahaken maos Al-Quran ampun ngandika sembarangan, ugi kedah nedhakaken tingkah pajeng Sunan Muria ingkang mboten nate sande wudlu.
Lebet margi piyambakipun sedaya kepanggih kaliyan Raden reksa bodo (Raden Suralaya) ingkang ugi nembe dipunutus dening ayahandanya yaiku Sunan redi jatos kagem membabat Alas Roban. Sayangipun panggen panggihan kesebat sakmenika wallahu a’lam utawi ical ditelan zaman. Lajeng piyambakipun sedaya sesarengan nglajengaken margi.
Wonten taun 1545 M piyambakipun sedaya miwiti membabat wana dipunsisih kilen Cirebon. Wonten kala punika Raden Jaka Pendil nembe ngamalaken doa Kanzil ‘Arasy, saking do’a kesebat menjelma setunggal pusaka ketos ingkang berwujud wangkingan, ketos kesebat nduwe asma ketos Karas (ingkang lajeng tepang kaliyan wasta ki Arasy ). Dipunlebet pusaka ketos Karas wau wonten qodam berupa lelembat muslimah ugi berwujud sapriyantun putri. Putri menika dipunparingi asma Larasati ( lajeng terkanal kaliyan wasta Nyi Arasy ).
Sementara punika Kyai Ageng Buyut Membah (Raden Suminta) kagungan pusaka Weling Barong, wujudnya lantaran nduwe mustaka naga, ingkang qodamnya berisi macan pethak ingkang dipunparingi asma pun Bujang, sawer Buntung, ugi ngagungani agem-agem abrit delima, zamrud unjaman ugi peksi banjar petung ingkang qodamnya wonten ing telagi midang teng dhusun Bringin kalih kagungan ingah-ingah berupa macan Blewuk. Kyai Ageng Buyut Membah, Raden Jaka Pendil ugi Raden reksa bodo sesarengan membabat wana, ketos-ketos ingkang bergelimpangan ugi semak-semak aking kabesmi ngantos kobaran grama menjalar kepundi-pundi.
Satelas wana teng tebang piyambakipun sedaya membenahi panggen enggal kesebat, klebet ngasta sumur Pendawa. Asma pendawa namunga dados kiasan belaka mboten wonten hubungan kaliyan pendawa gangsal. Lajeng priyantun-priyantun ngrawuhan tumut menetap didaerah enggal kesebat, klebet Ki Buyut Ipah ugi Ki Buyut Rinten ingkang taksih sedherekan saking Kyai Ageng Buyut Membah kalih rawuh tumut menetap tilar didaerah ingkang enggal punika.
Pedukuhan kebentuk Kyai Ageng Buyut Membahlah ingkang dados pangarsa, sae pangarsa agami kresaa pangutusan. Nglintu tambah berkembang wucalan islam saksampune kerawuhan Kyai Sembung (Kyai Somadullah) rawuh mbiyantu.
Kyai Sembung yaiku sapriyantun tamu Kyai Ageng Buyut Membah ingkang rawuh saking dhusun Luga Lugina saking nagari Syam (Syiria) kagem ndhawahaken agami islam. Amargi wonten kala punika kawontenan akhlak ugi moral taksih kapinten.  Dipunsetunggal panggen wonten setunggal pohon rindang ingkang kusumanipun ngganda harum, para wargi pedukuhan enggal kesebat kathah ugi asring ngginakaken kusuma harum kesebat kagem acara kendurian kados ta : acara pikrama an, supitan, nujuh wulan ugi acara-acara bentenipun .
Awal kebentukipun pedukuhan enggal kesebat, sapriki dipuntepang kaliyan wasta bentuk, ugi pohon ingkang dipunginakaken kusumanipun dening masyarakat wau dipunparingi asma POHON GINTUNG. Istilah Gintung saged dipunartosaken dados punika: Gigirangsukariang-rena In=Ingsun(saya), Tung=tungkul (kraos kerasan), dados Gintung artosipun Girang Ingsun Tungkul (kawula rena ugi kraos teng daerah enggal ) ugi saking asma pohon menika dipunlestantunaken dados asma dhusun GINTUNG, yaiku wonten taun 1554 M.
Salajengipun dipunbentuka setunggal panggen pangutusan enggal ingkang wonten dipunmadya-madya saking pedukuhan kesebat, dipunparingi asma dusun utawi dhusun GINTUNG madya. Kaliyan Kyai Ageng Buyut Membah dados pangarsa/kuwu, ugi sapriki wonten daerah ingkang taksih ngginakaken istilah membah yaiku membah lor ugi membah kidul yaiku daerah dhusun ingkang dipundadosaken bantala dhusun (bengkok ugi titisarah).
Saksampune pedukuhan enggal kebentuk, pola-pola kesugengan ditata ugi penyebaran agami islampun berkembang. Kyai Sembung, Raden Jaka Pendil ugi Raden reksa bodo mboten menetap teng dhusun Gintung madya mbentenaken kondur kedaerah asalipun nagari Syiria. Salah satunggal kenangan kagem dipunenget putra wayah Gintung madya yaiku Kyai Sembung saged nguwawi petir kersanipun warga Gintung madya terhindar saking tempuhan petir.
Lebet perkembangannya, Pohon Gintung kesebat kusumanipun tambah kathah ingkang mbetahaken sarehdenten punika Kyai Ageng Buyut Membah nenem pohon gintung dipunsisih kidul (Cikal bakal dhusun Gintung Kidul ), ugi dipunsisih lor (Cikal bakal dhusun Gintung Lor). Kersanipun para wargi rumaos langkung celak kagem mundhut kusuma pohon gintung kesebat.
Tambah dangu pedukuhan Gintung madya para warginipun makaken minggah ugi wilayahnya dipunkagem dados beberapa blok yaiku : Blok bentuk ingkang meliputi pendawa, Blok Pesantren, Blok dhusun, Blok Sumur bata
Menggah ing bantala-bantala ingkang wonten dipunnjawi dhusun Gintung madya kados tapak bima ingkang wonten ing dhusun Gintung Kidul, blok sepat (putat) ingkang wonten ing Dukumire dhusun Galagamba, bantala Silado teng dhusun Bakung, yaiku bantala-bantala ingkang dipundeningaken saking babat wana dipunkala ngaso kaliyan memandang pikantuk babat wana-wana wau.
Sapriki taksih wonten panggen-panggen ingkang dianggap sakral / kramat dening dhusun Gintung madya yaiku sumur pendawa ugi sumur bata. Kekalihipun yaiku panggen ingkang katiban gaman / pusaka wangkingan Kyai Ageng Buyut Membah kaping kalih panggen kesebat saged ngasta sinten kemawon ingkang wonten celak kaliyan sumur kesebat badhe rumaos tenang, kraos ugi nyaman.
Yen kemudhunanku (warga Gintung tengah) nduweni masalah lair lan batin Kyai Ageng Buyut Membah mandekne kanggo ngamalake do’a Kanjil Arays banjur adus diantara loro sumur kesebut lan yen pengen nduweni kaluwihan lain(ekonomi lan liyane) dianjurkan kanggo metu/maran saka desa Gintung tengah ini,karena ora kabeh kebutuhan urip ora kabeh ana dikene.
Lagekne sumur Kroya lan sumur buk mung ngrupakne kias utawa lambang sing berpungsi kanggo palerenan para petani karo berdiskusi babagan pertanian lan liyane.
Kyai Ageng Buyut Membah nduweni sawong bojo saka turun kerajan Galuh Pakuan lan dikaruniai beberapa wong anak (sing keberadaanya ora oleh diceritoke). Amarga umure Kyai Ageng Buyut Membah ora sempat nduweni sawong murid. Nang dina rabu udhar 12 Rajab 1154 H / 1725 M dheweke wafat lan dikuburanke neng Blok Pendawa,sehingga pamerentahan desa dimudhunke marang wong liya.
Sadalan karo perkembangan pedukuhan Gintung tengah lan sepeninggalanya para panerus lan panggenti Kyai Ageng Buyut Membah, desa Gintung tengah tau dipanggedheni saka Kuwu Giwang, amarga kuwu Giwang ora bisa krungu/budeg, mula kenal karo aran Kuwu budeg, dadine lemah-lemah sing ana dinjaba desa Gintung tengah dijaluk saka masing-masing pamerentah desa sapanggon.

SEJARAH DESA GINTUNG TENGAH

Ketika sebagian besar daerah Cirebon masih tertutup hutan belantara, dan ajaran Hindu masih dianut oleh sebagian penduduk Cirebon. Maka pada saat itu pulalah Mbah Kuwu Cirebon dengan dibantu teman dan kerabatnya bersemangat menyebarkan ajaran Islam. Sambil menyebarkan agama tak lupa pula membabat hutan dan membuka pedukuhan-pedukuhan baru. Tersebutlah nama Kyai Ageng Buyut Membah, seseorang dari Negeri Iraq, yang datang ke Indonesia karena diutus oleh ayahandanya untuk menyebarkan Agama Islam dan memperbaiki akhlaq serta aqidah Bangsa Indonesia khususnya didaerah Cirebon. Kyai Ageng Buyut Membah, diutus oleh ayahandanya tidak langsung datang ke Tataran Cirebon, melainkan ke Pesantren Sunan Muria, dan ia berguru disana. Dipesantren itu Kyai Ageng Buyut Membah berkenalan dan bersahabat dengan keturunan Sunan Muria yang bernama Raden Jaka Pendil. Dipesantren itulah Kyai Ageng Buyut Membah mendapat nama baru yaitu Raden Suminta. Teringat akan pesan ayahandanya yaitu untuk menyebarkan Agama Islam dan untuk memperbaiki akhlaq serta moral penduduk didaerah Cirebon yang porak poranda karena pertentangan Agama Hindu Budha dengan Agama Islam yang diajarkan oleh Mbah Kuwu Cirebon dan kawan-kawan. Kyai Ageng Buyut Membah minta izin kepada gurunya untuk pergi kedaerah Cirebon. Bersama Raden Jaka Pendil, Kyai Ageng Buyut Membah berangkat kedaerah Cirebon. Sebelum mereka berdua berangkat, Sunan Muria memberi pesan agar keduanya dalam perjalanan, maupun sesampainya ditujuan agar tetap ngaji Sufi (Pewalian) yang ada enam macam adalah sebagai berikut : Diam, Jangan sombong, Jangan ugal-ugalan, Melindungi orang yang lemah, Memperbanyak membaca Al-Qur’an, Jangan berbicara sembarangan, dan harus menirukan tingkah laku Sunan Muria yang tidak pernah batal wudlu. Dalam perjalanan mereka bertemu dengan Raden Jaga Bodoh (Raden Suralaya) yang juga sedang diutus oleh ayahandanya yaitu Sunan Gunung Jati untuk membabat Alas Roban. Namun tempat pertemuan tersebut sekarang wallahu a’lam atau hilang ditelan zaman. Kemudian mereka bersama-sama melanjutkan perjalanan. Pada tahun 1545 M mereka mulai membabat hutan disebelah barat Cirebon. Pada saat itu Raden Jaka Pendil sedang mengamalkan doa Kanzil ‘Arasy, dari do’a tersebut menjelma sebuah pusaka kayu yang berwujud keris, kayu tersebut bernama Kayu Karas (yang kemudian terkenal dengan sebutan ki Arasy ). Didalam pusaka Kayu Karas tadi terdapat qodam berupa jin muslimah dan berwujud seorang wanita. Wanita ini diberi nama Larasati ( kemudian terkanal dengan sebutan Nyi Arasy ). Sementara itu Kyai Ageng Buyut Membah (Raden Suminta) mempunyai pusaka Weling Barong, wujudnya tongkat berkepala naga, yang qodamnya berisi macan putih yang diberi nama si Bujang, Ular Buntung, juga memiliki agem-agem merah delima, zamrud unjaman dan burung banjar petung yang qodamnya berada di telaga midang di Desa Bringin dan juga mempunyai peliharaan berupa macan Blewuk. Kyai Ageng Buyut Membah, Raden Jaka Pendil dan Raden Jaga bodoh bersama-sama membabat hutan, kayu-kayu yang bergelimpangan dan semak-semak kering dibakar hingga kobaran api menjalar kemana-mana. Sehabis hutan di tebang mereka membenahi tempat baru tersebut, termasuk membuat sumur Pendawa. Nama pendawa hanyalah sebagai kiasan belaka tidak ada hubungan dengan pendawa lima. Kemudian orang-orang berdatangan ikut menetap didaerah baru tersebut, termasuk Ki Buyut Ipah dan Ki Buyut Rinten yang masih bersaudara dari Kyai Ageng Buyut Membah dan juga datang ikut menetap tinggal didaerah yang baru itu. Pedukuhan terbentuk Kyai Ageng Buyut Membahlah yang jadi pemimpin, baik pemimpin agama maupun pemerintahan. Malah semakin berkembang ajaran islam setelah kedatangan Kyai Sembung (Kyai Somadullah) datang membantu. Kyai Sembung adalah seorang tamu Kyai Ageng Buyut Membah yang datang dari desa Luga Lugina dari negara Syam (Syiria) untuk menyebarkan agama islam. Karena pada saat itu keadaan akhlak dan moral masih terlantar. Disebuah tempat ada sebuah pohon rindang yang bunganya berbau harum, penduduk pedukuhan baru tersebut banyak dan sering menggunakan bunga harum tersebut untuk acara kendurian misalnya : acara pernikahan, khitanan, nujuh bulan dan acara-acara lainnya . Awal terbentuknya pedukuhan baru tersebut, sampai sekarang dikenal dengan sebutan Bentuk, dan pohon yang digunakan bunganya oleh masyarakat tadi diberi nama POHON GINTUNG. Istilah Gintung dapat diartikan sebagai berikut: Gi=girang(suka,riang-gembira), In=Ingsun(saya), Tung=tungkul (betah kerasan), jadi Gintung artinya Girang Ingsun Tungkul (saya senang dan betah di daerah baru ) dan dari nama pohon inilah diabadikan menjadi nama DESA GINTUNG, yaitu pada tahun 1554 M. Selanjutnya dibentuklah sebuah tempat pemerintahan baru yang berada ditengah-tengah dari pedukuhan tersebut, diberi nama dusun atau DESA GINTUNG TENGAH. Dengan Kyai Ageng Buyut Membah sebagai pemimpin/kuwu, dan sampai sekarang ada daerah yang masih menggunakan istilah membah adalah membah lor dan membah kidul yaitu daerah desa yang dijadikan tanah desa (bengkok dan titisarah). Setelah pedukuhan baru terbentuk, pola-pola kehidupan ditata dan penyebaran agama islampun berkembang. Kyai Sembung, Raden Jaka Pendil dan Raden Jaga Bodoh tidak menetap di desa Gintung Tengah melainkan kembali kedaerah asalnya Negara Syiria. Salah satu kenangan untuk diingat anak cucu Gintung Tengah adalah Kyai Sembung dapat menahan petir agar warga Gintung Tengah terhindar dari serangan petir. Dalam perkembangannya, Pohon Gintung tersebut bunganya semakin banyak yang membutuhkan oleh karena itu Kyai Ageng Buyut Membah menanam pohon gintung disebelah kidul (Cikal bakal desa Gintung Kidul ), dan disebelah lor (Cikal bakal desa Gintung Lor). Agar penduduk merasa lebih dekat untuk mengambil bunga pohon gintung tersebut. Semakin lama pedukuhan Gintung Tengah penduduknya makin bertambah dan wilayahnya dibagi menjadi beberapa blok yaitu : Blok Bentuk yang meliputi pendawa, Blok Pesantren, Blok Desa, Blok Sumur bata Adapun tanah-tanah yang berada diluar Desa Gintung tengah seperti tapak bima yang berada di Desa Gintung Kidul, blok sepat (putat) yang berada di Dukumire Desa Galagamba, tanah Silado di Desa Bakung, adalah tanah-tanah yang diperoleh dari babat hutan disaat istirahat sambil memandang hasil babat hutan-hutan tadi. Sampai sekarang masih ada tempat-tempat yang dianggap sakral / kramat oleh desa Gintung Tengah adalah sumur pendawa dan sumur bata. Keduanya adalah tempat yang katiban gaman / pusaka keris Kyai Ageng Buyut Membah kedua tempat tersebut dapat membuat siapa saja yang berada dekat dengan sumur tersebut akan merasa tenang, betah dan nyaman. Apabila keturunanku (warga Gintung Tengah) memiliki masalah lahir dan batin Kyai Ageng Buyut Membah menganjurkan untuk mengamalkan do’a Kanjil Arays kemudian mandi diantara dua sumur tersebut dan apabila ingin mempunyai kelebihan lain(ekonomi dan lainnya) dianjurkan untuk keluar/merantau dari Desa Gintung Tengah ini,karena tidak semua kebutuhan hidup tidak semua ada disini. Sedangkan sumur Kroya dan sumur buk hanya merupakan kias atau lambang yang berpungsi untuk peristirahatan para petani sambil berdiskusi tentang pertanian dan lainnya. Kyai Ageng Buyut Membah mempunyai seorang istri dari keturunan Kerajaan Galuh Pakuan dan dikaruniai beberapa orang anak (yang keberadaanya tidak boleh diceritakan). Karena usianya Kyai Ageng Buyut Membah tidak sempat mempunyai seorang murid. Pada hari rabu tanggal 12 Rajab 1154 H / 1725 M Beliau wafat dan dimakamkan di Blok Pendawa,sehingga pemerintahan desa diturunkan kepada orang lain. Sejalan dengan perkembangan pedukuhan Gintung Tengah dan sepeninggalanya para penerus dan pengganti Kyai Ageng Buyut Membah, Desa Gintung Tengah pernah dipimpin oleh Kuwu Giwang, karena kuwu Giwang tidak bisa mendengar/budeg, maka terkenal dengan sebutan Kuwu budeg, sehingga tanah-tanah yang berada diluar Desa Gintung Tengah diminta oleh masing-masing pemerintah desa setempat.

Minggu, 20 Oktober 2013

DONOR DARAH

A. Donor Darah Donor darah adalah proses pengambilan darah dari seseorang secara sukarela untuk disimpan di bank darah untuk kemudian dipakai pada transfusi darah. Untuk menekankan pentingnya persediaan darah hasil sumbangan, Palang Merah Australia menyampaikan bahwa "80% orang Australia akan membutuhkan transfusi darah suatu saat pada hidup mereka, tetapi hanya 3% yang menyumbang darah setiap tahun". Menurut palang merah di Amerika Serikat, 97% orang kenal orang lain yang pernah membutuhkan transfusi darah. Dan menurut survei di Kanada, 52% orang Kanada pernah mendapatkan transfusi darah atau kenal orang yang pernah. Donor darah biasa dilakukan rutin di pusat donor darah lokal. Dan setiap beberapa waktu, akan dilakukan acara donor darah di tempat-tempat keramaian, misalnya di pusat perbelanjaan, kantor perusahaan besar, tempat ibadah, serta sekolah dan universitas. Pada acara ini, para calon pendonor dapat menyempatkan datang dan menyumbang tanpa harus pergi jauh atau dengan perjanjian. Selain itu sebuah mobil darah juga dapat digunakan untuk dijadikan tempat menyumbang. Biasanya bank darah memiliki banyak mobil darah. Syarat donor darah Untuk dapat menyumbangkan darah, seorang donor darah harus memenuhi syarat sebagai berikut:  calon donor harus berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg tekanan darah 100-180 (sistole) dan 60-100 (diastole). menandatangani formulir pendaftaran lulus pengujian kondisi berat badan, hemoglobin, golongan darah, dan pemeriksaan oleh dokter untuk menjaga kesehatan dan keamanan darah, calon donor tidak boleh dalam kondisi atau menderita sakit seperti alkoholik, penyakit hepatitis, diabetes militus, epilepsi, atau kelompok masyarakat risiko tinggi mendapatkan AIDS serta mengalami sakit seperti demam atau influensa; baru saja dicabut giginya kurang dari tiga hari; pernah menerima transfusi kurang dari setahun; begitu juga untuk yang belum setahun menato, menindik, atau akupunktur; hamil; atau sedang menyusui.  Simbiosis mutualisme. Itulah yang akan kita rasakan jika kita melakukan donor darah, sebab setiap tetes darah yang kita sumbangkan tidak hanya dapat memberikan kesempatan hidup bagi yang menerima tetapi juga memberikan manfaat kesehatan bagi pendonornya.  Anggapan yang menyatakan mendonorkan darah bisa membuat kita menjadi lemas adalah salah. Saat kita mendonorkan darah, maka tubuh akan bereaksi langsung dengan membuat penggantinya. Jadi, kita tidak akan mengalami kekurangan darah. Selain membuat tubuh memproduksi darah-darah baru, ada lima manfaat kesehatan lain yang bisa kita rasakan: 1. Menjaga kesehatan jantung Tingginya kadar zat besi dalam darah akan membuat seseorang menjadi lebih rentan terhadap penyakit jantung. Zat besi yang berlebihan di dalam darah bisa menyebabkan oksidasi kolesterol. Produk oksidasi tersebut akan menumpuk pada dinding arteri dan ini sama dengan memperbesar peluang terkena serangan jantung dan stroke. Saat kita rutin mendonorkan darah maka jumlah zat besi dalam darah bisa lebih stabil. Ini artinya menurunkan risiko penyakit jantung. 2. Meningkatkan produksi sel darah merah Donor darah juga akan membantu tubuh mengurangi jumlah sel darah merah dalam darah. Tak perlu panik dengan berkurangnya sel darah merah, karena sumsum tulang belakang akan segera mengisi ulang sel darah merah yang telah hilang. Hasilnya, sebagai pendonor kita akan mendapatkan pasokan darah baru setiap kali kita mendonorkan darah. Oleh karena itu, donor darah menjadi langkah yang baik untuk menstimulasi pembuatan darah baru. 3. Membantu penurunan berat tubuh Menjadi donor darah adalah salah satu metode diet dan pembakaran kalori yang ampuh. Sebab dengan memberikan sekitar 450 ml darah, akan membantu proses pembakaran kalori kira-kira 650. Itu adalah jumlah kalori yang banyak untuk membuat pinggang kita ramping. 4. Mendapatkan kesehatan psikologis Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar. 5. Mendeteksi penyakit serius Setiap kali kita ingin mendonorkan darah, prosedur standarnya adalah darah kita akan diperiksa dari berbagai macam penyakit seperti HIV, hepatitis B, hepatitis C, sifilis, dan malaria. Bagi yang menerima donor darah, ini adalah informasi penting untuk mengantisipasi penularan penyakit melalui transfusi darah. Sedangkan untuk kita, ini adalah "rambu peringatan" yang baik agar kita lebih perhatian terhadap kondisi kesehatan kita sendiri. Setelah menginjak usia 18 tahun, cobalah untuk membiasakan diri mendonorkan darah setiap tiga bulan sekali. Tidak hanya akan memberikan perasaan yang senang karena dapat membantu sesama, namun bermanfaat positif bagi kesehatan tubuh kita sendiri. Dan usia maksimal untuk melakukan kebiasaan baik ini adalah hingga berusia 60 tahun. Jadi jangan tunggu lama lagi, ayo… saatnya donor darah! 6. Mengetahui Golongan Darah Tanpa di Pungut Biaya Anda dapat mengetahui golongan darah Anda. Kebanyakan orang, tidak mengetahui golongan darah mereka. Anda dapat mengetahui golongan darah Anda secara gratis saat akan hendak mendonorkan darah. 7. Mendapatkan kesehatan psikologis Menyumbangkan hal yang tidak ternilai harganya kepada yang membutuhkan akan membuat kita merasakan kepuasan psikologis. Sebuah penelitian menemukan, orang usia lanjut yang rutin menjadi pendonor darah akan merasakan tetap berenergi dan bugar.